Home Politik UNS Anungerahi Wapres Ma\'ruf Amin Penghargaan Tertinggi Bidang Ekonomi Syariah

UNS Anungerahi Wapres Ma\'ruf Amin Penghargaan Tertinggi Bidang Ekonomi Syariah

18
0
SHARE
UNS Anungerahi Wapres Ma\

Keterangan Gambar : UNS Anungerahi Wapres Ma'ruf Amin Bidang Ekonomi Syariah

Detikone.com - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin akan mendapatkan penghargaan UNS Award dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Penghargaan Tertinggi Parasamya Anugraha Dharma Krida Baraya ini akan diberikan saat puncak perayaan Dies Natalis ke-44 UNS, 11 Maret 2020 mendatang di Auditorium GPH Haryo Mataram kampus lokal.

Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho mengatakan, memberikan penghargaan tersebut dengan pertimbangan Ma'ruf adalah tokoh yang disebut sebagai bapak ekonomi syariah Indonesia. Selain itu, Ma'ruf juga mendukung aksi nyata dalam menggerakkan ekonomi syariah.

"Selain memberikan penghargaan kepada Wapres, kami juga akan memberikan anugerah seni kepada maestro keroncong asal Solo, Waldjinah," ujar Jamal, Selasa (18/2).

Menurut dia, pada sidang senat juga akan disampaikan orasi ilmiah oleh Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Penelitian Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro. Selain itu, juga dihadiri perwakilan perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri.

Rektor dari dalam negeri yang hadir di antara yang lain yaitu Prof. Ari Kuncoro dari Universitas Indonesia, Prof. Panut dari UGM, Prof. Runtung Sitepu dari USU, Prof. Nur Hasan dari Universitas Negeri Surabaya , Prof. Ganepri dari UNP Padang, dan Prof. Mas Jaya dari Universitas Mulawarman.

"Untuk tamu dari luar negeri yang akan hadir antara lain dari Perancis, Jepang, Timor Leste dan Malaysia. Mereka sudah mengumumkan kedatangannya di Dies Natalis ke-44 UNS," katanya.

Terkait menyambut sejumlah tamu dari luar negeri tersebut, UNS juga telah berkoodinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Hal itu dilakukan karena virus wabah Corona.

"Menkes mendukung dan mengapresiasi kegiatan UNS ini. Kami sudah berdiskusi dengan Menkes terkait pembaharuan ini," terangnya.

Dia berharap tidak akan ada masalah. Jamal memuji sebelum wabah Corona merebak di China, Rektor dan jajaran rektorat Universitas Xihua juga berencana datang. Sementara mereka akan membawakan untuk penari acara Dies Natalis. Tapi karena ada musibah ini, maka Universitas Xihua sudah mengirim surat yang tidak akan hadir.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-44 UNS, Prof I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani menambahkan, dalam Dies Natalis ke-44 bertema 'Akselerasi Reorientasi Pembelajaran 4.0 Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa' juga akan diberikan kepada 64 orang doktor baru dan 12 alumni berprestasi dari masing-masing fakultas.

"Saat puncak memperingatkan, sivitas akademika UNS yang hadir di Auditorium UNS akan mengenakan busana adat nusantara," tandasnya.

UNS juga melaksanakan kegiatan UNS Mengajar Indonesia dengan menerjunkan dosen, mahasiswa dan alumni. Kegiatan itu melibatkan 1.600 dosen, 1.700 mahasiswa UNS yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) serta alumni.  

Sumb: Merdeka