Home Internasional Singapura Selangkah Lagi Punya Skadron Jet Tempur F-35

Singapura Selangkah Lagi Punya Skadron Jet Tempur F-35

28
0
SHARE
Singapura Selangkah Lagi Punya Skadron Jet Tempur F-35

Keterangan Gambar : Skadron Jet Tempur F-35

Detikone.com -- Pemerintah Singapura selangkah lagi akan mempunyai satu skadron jet tempur siluman F-35B. Menurut laporan, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menyatakan sudah sepakat menjual alat utama sistem persenjataan mutakhir itu dan tinggal menunggu persetujuan Kongres.

Seperti dikutip dari Channel NewsAsia, Senin (20/1), kontrak pembelian pesawat tempur itu mencapai US$2,75 miliar (sekitar Rp37,5 triliun). Pesawat jenis ini lebih rumit karena bisa lepas landas dari landasan pendek dan mendarat secara vertikal.

"Usulan penjualan ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat. Singapura adalah sahabat utama dan strategis dalam bidang keamanan dan menjadi kekuatan penting bagi stabilitas politik dan perkembangan ekonomi di kawasan Asia Pasifik," demikian isi pernyataan Badan Kerja Sama Pertahanan dan Keamanan AS.

Niat Singapura untuk membeli jet buatan Lockheed Martin itu sudah diutarakan sejak Januari 2019. Pada Maret 2019, Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, menyatakan pesawat itu adalah cocok untuk menggantikan armada pesawat F-16 yang dianggap sudah uzur.

Tahapan pembelian itu adalah AS akan mengirim empat jet tempur F-35 ke Singapura terlebih dulu untuk uji coba, kemudian mereka akan dibolehkan menambah delapan unit lagi.

Pesawat itu mempunyai teknologi siluman dan radar mutakhir. Akan tetapi, pesawat itu juga dihantui masalah teknis.

Jepang yang sudah mengoperasikan F-35 kehilangan salah satu pesawat dan pilot mereka akibat jatuh pada April 2019 saat latihan di Samudra Pasifik. Dugaan awal penyebab kecelakaan adalah disorientasi ruang.

Sejumlah permasalahan teknis F-35 lainnya juga muncul dalam laporan pada Juni 2019.