Home Daerah Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati Terus Salurkan Bantuan Air Bersih

Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati Terus Salurkan Bantuan Air Bersih

31
0
SHARE
Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati Terus Salurkan Bantuan Air Bersih

Keterangan Gambar : Penyaluran bantuan air bersih Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati di Desa Karaban, Kecamatan Gabus Pati, Jumat (20/09).

detikOne.com - Jawa Tengah - Sejumlah wilayah di Pati saat ini tengah mengalami bencana kekeringan. Keempat kalinya, Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati salurkan bantuan air bersih, kali ini berkesempatan di Desa Karaban, Kecamatan Gabus Pati, Jumat (20/09). Jumat Berkah Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati akan terus berupaya berikan bantuan untuk wilayah terdampak kekeringan.

Bantuan ini diberikan lantaran, masyarakat diwilayah terdampak kekeringan harus membeli air bersih atau mengambil air bersih dilokasi yang cukup jauh untuk kebutuhan konsumsi setiap harinya. Ditambah lagi penghasilan masyarakat yang tidak menentu, menambah beban pengeluaran setiap harinya hanya untuk membeli air bersih.

Warga Desa Karaban RT.05/RW.04, Kecamatan Gabus Pati,  Bagus Prasetyo mengaku senang mendapatkan bantuan air bersih dari Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati. Sebab ketika warga setempat tidak mendapat bantuan air, mereka harus mengambil air bersih didekat SD Karaban yang berjarak 3 kilo meter.
"Untuk membeli air bersih untuk kebutuhan konsumsi setidaknya masyarakat setempat harus rela mengeluarkan uang dikisaran 150 ribu, Kondisi itu, tentunya akan sangat memberatkan masyarakat dengan penghasilan rendah," ujarnya.

Sehingga, masyarakat setempat sangat senang sekali ketika mendapatkan bantuan air seperti halnya yang dilakukan Rumah Sakit Mitra Bangsa. Dengan kondisi ini, masyarakat setempat berharap agar pemerintah daerah membuatkan saluran air dari Perusahaan Air Minum (PAM).
"Sehingga saat musim kemarau seperti ini kami tidak kesulitan air," imbuhnya.

Menurut Totok Ragil selaku tim dari RS Mitra Bangsa Pati, kebutuhan akan air bersih sangat diperlukan untuk warga sekitar. Sehingga kondisi kekeringan saat ini menjadi beban tersendiri untuk warga dan bantuan air bersih yang diberikan Rumah Sakit Mitra Bangsa.
"Kami berharap, ini dapat meringankan beban masyarakat yang saat ini tengah dilanda kekeringan," tandasnya.

Kegiatan serupa sebelumnya juga dilakukan Rumah Sakit Mitra Bangsa beberapa kali diwilayah Kecamatan Winong. Kegiatan ini berjalan dengan lancar diikuti oleh puluhan warga dengan antusias yang luar biasa untuk mendapatkan bantuan air bersih. (MUN)