Home Ekonomi Permata Syariah Sasar Peningkatan Tabungan Haji via Aplikasi

Permata Syariah Sasar Peningkatan Tabungan Haji via Aplikasi

21
0
SHARE
Permata Syariah Sasar Peningkatan Tabungan Haji via Aplikasi

Keterangan Gambar : Pebankan Syariah, ilustrasi

Detikone.com, JAKARTA -- Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Permata menargetkan peningkatan tabungan haji melalui aplikasi super terbarunya, Permata Mobile X. Direktur UUS Bank Permata, Herwin Bustaman menyampaikan masyarakat kini bisa membuka tabungan haji langsung dari aplikasi.  

"Nasabah juga bisa langsung mendapatkan porsi begitu tabungan terpenuhi Rp 25 juta, tidak perlu urus-urus lagi," kata Herwin, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan biasanya nasabah harus mengurus ke Kementerian Agama untuk mengurus kepemilikan porsinya lagi setelah dana minimal terpenuhi. Dengan Permata Mobile X, nasabah tidak perlu datang ke cabang untuk membuka tabungan haji.

Saat ini, kata Herwin, porsi kepemilikan haji Permata Syariah mencapai lebih dari 100 ribu. Ia berharap jumlahnya bertambah signifikan setelah peluncuran Permata Mobile X. Herwin sendiri menargetkan 100 ribu nasabah baru dalam satu tahun ke depan.

Sejumlah strategi disiapkan seperti menggandeng sejumlah komunitas. Permata Syariah akan melakukan sosialisasi dan edukasi dalam bentuk seminar atau lainnya untuk menggaet nasabah baru.

"Kita sendiri tidak mengkhususkan harus komunitas-komunitas hijrah atau tidak, kita coba rangkul semuanya," kata Herwin.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, ada sekitar 31 persen kelompok yang tidak punya preferensi khusus baik syariah maupun konvensional. Selama layanan sama baiknya, maka syariah bisa menjadi pilihan mereka.

Herwin mengatakan Permata Syariah mencoba menyasar kalangan ini. Ia optimis dengan bekal layanan aktivitas perbankan syariah di dalam genggaman dan punya akses luas, maka Permata Syariah bisa meningkatkan portofolionya.

Menurut laporan keuangan per Juni 2019, total aset tercatat Rp 20,8 triliun dengan laba bersih Rp 148,7 miliar. Pendapatan syariah tercatat Rp 819 miliar, naik tipis dari Rp 814 miliar pada Juni 2018. Pembiayaan tercatat Rp 12,89 triliun, naik dari Rp 11,56 triliun pada Desember 2018.

Permata Bank Syariah sendiri memiliki empat produk unggulan yang dapat diakses langsung di aplikasi. Yakni PermataTabungan iB Haji Reguler, PermataTabungan iB Bebas, PermataTabungan iB Optima, PermataME iB, serta produk lainnya seperti Giro iB, pembelian reksadana syariah, dan lebih dari 200 fitur unggulan lainnya.

Sumb: Republika