Home Daerah Paguyuban Wong Pati Tuntut Oknum Dishub Pati

Paguyuban Wong Pati Tuntut Oknum Dishub Pati

125
0
SHARE
Paguyuban Wong Pati Tuntut Oknum Dishub Pati

Keterangan Gambar : Suasana aksi yang digelar oleh Paguyuban Wong Pati dilingkungan Setda Kabupaten Pati, Kamis (05/12).

detikOne.com - Jawa Tengah - Kamis (05/12), Paguyuban Wong Pati gelar aksi dilingkungan Setda Kabupaten Pati. Aksi ini digelar lantaran, Paguyupan Wong Pati yang merupakan petugas parkir menduga ada kecurangan pada retribusi yang dilakukan oleh oknum petugas  Dinas Perhubungan (Dishub) Pati. Mereka menuntut agar pihak terkait melakukan penelusuran oknum yang melakukan kecurangan.

Ketua Paguyuban Wong Pati, Cahya Basuki mengatakan, aksi ini digelar lantaran para petugas parkir menduga bahwa ada pungutan liar (pungli) dan penyalah gunaan jabatan dan wewenang. Disamping itu, tidak adanya hak pendapatan atau gaji yang diatur secara legal.
"Yang ada adalah kewajiban menata kendaraan masyarakat, berikan karcis dan setoran," keluhnya.

Setoran yang diberikan kepada pihak terkait juga berfariasi, ada yang 2 ribu, 3 ribu, 5 ribu hingga 10 ribu. Dalam retribusi pun tidak ada aturannya serta uang yang disetorkan tidak ada bukti tertulis, hal ini kan jelas pungli.
"Sebab, semua setoran yang tidak didokumentasikan jelas pungli. Saat kami temui, pihak Dishub juga tidak bisa menjawab dengan jelas," bebernya.

Menurutnya, pengelolaan retribusi parkir Dishub ngawur dan semrawut. Sebab selama ini penunjukan juru parkir tidak jelas, apakah sistim lelang maupun penunjukan pribadi. Pihaknya juga berharap, oknum yang memungut retribusi parkir agar didatangkan. Serta melakukan pemeriksaan kepada oknum tersebut sesuai aturan.
"Kami akan melakukan aksi serupa pada Jumat (06/12), dengan tuntutan yang sama," imbuhnya.

Rencana Paguyuban Wong Pati juga akan melaporkan oknum Dishub yang melakukan pemungutan parkir liar kepada pihak yang berwajib. "Kami juga bersyukur karena pihak kepolisian juga apresiasi aksi kami," tandasnya. (MUN)