Home Teknologi Lewat Aplikasi FishGo, Nelayan di Kabupaten Badung Bisa Tahu Lokasi Kumpulan Ikan

Lewat Aplikasi FishGo, Nelayan di Kabupaten Badung Bisa Tahu Lokasi Kumpulan Ikan

95
0
SHARE
Lewat Aplikasi FishGo, Nelayan di Kabupaten Badung Bisa Tahu Lokasi Kumpulan Ikan

Keterangan Gambar : Aplikasi FishGo

Detikone.com - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengembangkan aplikasi berbasis android yang khusus dibuat untuk membantu nelayan tradisional dalam mencari ikan di laut. Aplikasi ini dinamakan 'FishGo'. Aplikasi FishGo ini merupakan hasil riset yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Badung untuk mensejahterakan para nelayan tradisional.

"Dengan aplikasi FishGo, nelayan bisa memantau keberadaan kumpulan ada di mana. Jadi nelayan tidak asal mencari ikan di lautan," ujar Kadishubkominfo Kabupaten Badung I Wayan Weda Dharmaja kepada merdeka.com, Rabu (6/11).

FishGo ini pun tidak sekadar memantau gerakan dari kumpulan ikan-ikan di lauta, tetapi juga menjadi alat keselamatan para nelayan. Dengan aplikasi ini, nelayan yang melaut bisa terdeteksi keberadaannya dengan akurat. Sehingga bila terjadi sesuatu di lautan, lebih mudah untuk mencarinya.

"Dengan aplikasi ini nelayan yang pulang melaut juga bisa kita pantau berapa hasil tangkapan. Dan aplikasi ini dibisa diakses semua orang karena ini sifatnya informasi publik," terangnya.

Aplikasi ini memang dapat diakses oleh masyarakat umum dan dirancang untuk mampu memenuhi kebutuhan ikan yang tinggi di Kabupaten Badung khususnya, Provinsi Bali serta Wilayah Indonesia umumnya.

Inovasi lain yang dimiliki Kabupaten badung adalah Batik atau singkatan dari Badung Anti Kantong Plastik. Batik ini kini telah menjadi gerakan untuk mengurangi timbunan sampah plastik melalui upaya preventif dengan mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

"Inovasi ini diterapkan dengan mewujudkan kawasan-kawasan anti kantong plastik berbasis kearifan lokal dengan melibatkan lembaga adat dan masyarakat adat serta melalui aturan adat," imbuhnya.

Sumb: Merdeka