Home Olahraga Kalahkan Messi dan CR7, Federer Jadi Atlet Termahal di Dunia

Kalahkan Messi dan CR7, Federer Jadi Atlet Termahal di Dunia

24
0
SHARE
Kalahkan Messi dan CR7, Federer Jadi Atlet Termahal di Dunia

Keterangan Gambar : Roger Federer

Detikone.com -- Petenis veteran asal Swiss, Roger Federer, menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di dunia tahun 2020 versi laporan tahunan Forbes yang dirilis Jumat (30/5). Ia menggeser bintang Barcelona, Lionel Messi, yang tahun lalu menjadi atlet dengan bayaran termahal.

Federer, pemegang 20 trofi grand slam di sektor tunggal, telah mengumpulkan uang 106,3 juta dolar AS dalam 12 bulan terakhir dan 100 juta dolar AS di antaranya didapat dari sponsor. Ia mengalahkan CR7, julukan Cristiano Ronaldo, di urutan kedua dengan  85,3 juta poundsterling.

Messi turun ke posisi ketiga dengan bayaran 84,5 juta poundsterling, disusul Neymar pada urutan keempat yaitu 77,6 juta poundsterling. Pada urutan kelima ditempati pebasket Amerika Serikat, LeBron James, dengan 71,6 juta poundsterling.

"Pandemi virus corona memicu pemotongan gaji untuk bintang sepak bola Messi dan Ronaldo, membuka jalan bagi pemain tenis untuk masuk peringkat sebagai atlet bayaran tertinggi di dunia kali pertama," kata Kurt Badenhausen, editor senior di Forbes, dilansir dari Skysports, Sabtu (30/5).

Federer, menurut Badenhausen, adalah sosok yang sempurna bagi perusahaan untuk memperkenalkan merek dagangnya. Itu sebabnya Federer menghasilkan 100 juta dolar AS dari berbagai sponsor.

Petenis tunggal putri asal Jepang, Naomi Osaka, berada di peringkat ke-29 dari daftar atlet bayaran tertinggi dengan 30,7 juta poundsterling. Ia melampui seniornya, Serena Williams dengan 29,5 juta poundsterling. Naomi dan Serena dua perempuan yang masuk ke dalam daftar Forbes.

Pemain basket menyumbang banyak atletnya dalam daftar pemain termahal di dunia. Ada 35 pemain dari 100 daftar teratas versi Forbes. Sedangkan pemain American Football menyumbang 31 daftar atlet termahal dengan Tom Brady yang tertinggi, yaitu di urutan ke-25 dengan bayaran 36,5 juta poundsterling.

Adapun pemain sepak bola mengirim 14 wakilnya di daftar Forbes, diikuti enam petenis, disusul tinju dan seni bela diri lima atlet. Kemudian ada empat pemain golf, tiga balapan motor, dan baseball serta kriket masing-masing satu pemain. Sumb: Rep