Home Daerah Jatim Masih Jadi Provisi Terbanyak Kasus Baru Covid-19

Jatim Masih Jadi Provisi Terbanyak Kasus Baru Covid-19

24
0
SHARE
Jatim Masih Jadi Provisi Terbanyak Kasus Baru Covid-19

Keterangan Gambar : Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto

Detikone.com, JAKARTA -- Kasus positif Covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 687 kasus hingga Kamis (28/5) hari ini, sehingga saat ini total 24.538 orang positif Covid-19. Provinsi Jawa Timur masih menjadi wilayah yang paling banyak mengalami kenaikan kasus positif Covid-19.

Lima provinsi yang paling banyak kasus positif baru Covid-19 adalah Provinsi Jawa Timur dengan 171 orang dalam satu hari terakhir. Kemudian diikuti Kalimantan Selatan dengan 116 kasus, lalu DKI Jakarta dengan penambahan 105 kasus, Sulawesi Selatan bertambah 46 kemudian Sumatera Utara 30 kasus.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menerangkan, meski Jawa Timur menyumbang terbanyak penambahan kasus, angka tersebut menurun dibandingkan sehari sebelumnya bertambah 199 kasus.

"Kalau kita lihat Jawa Timur memang saat ini paling tinggi (tambahan kasus) tetapi sebenarnya menururn kemarin itu 199, sekarang jadi 171 artinya ada penurunan dibanding dengan kemarin sore," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (28/5).

Yurianto melanjutkan, tambahan paling signifikan justru ada di Kalimantan Selatan yang sehari sebelumnya berjumlah 73 kemudian bertambah menjadi 116 kasus. Sementara penambahan 105 kasus di DKI Jakarta, banyak dari masyarakat yang baru kembali dari luar negeri.

"Kita harus melakukan skrining terhadap mereka dan hari ini cukup banyak juga yang kita dapatkan dan seluruhnya kita rawat di rumah sakit darurat Wisma Atlet," ujar Yurianto.

Selain itu, pemerintah juga mencatat ada penambahan jumlah pasien sembuh sebanyak 183 dalam sehari. Sehingga, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sampai saat ini mencapai 6.240 orang. Sedangkan pasien yang meninggal dunia bertambah 23 orang, menjadi total 1.496 orang.

Sementara, perkembangan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) per hari ini, yang masih secara aktif dipantau sebanyak 48.749 orang. Sementara jumlah PDP yang masih diawasi secara aktif sebanyak 13.250 orang.

Sedangkan jumlah pengujian sampel hingga hari ini sebanyak 289.906 spesimen dari 201.311 orang. Jumlah kabupaten/kota yang melaporkan terdapat kasus Covid-19 juga bertambah dua daerah sehingga total ada 412 kabupaten /kota di 34 provinsi.

Namun demikian, ada beberapa provinsi yang hari ini tidak melaporkan penambahan kasus yakni Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Jambi Kalimantan Utara, Lampung, Riau, Sulawesi Barat Nusa Tenggara Timur. Sementara, ada tiga provinsi yang hanya melaporkan tambahan satu kasus yakni Aceh, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

"Inilah yang menjadi perhatian kita bahwa masih ada beberapa daerah yang menggambarkan grafiknya sudah mulai menurun atau yang melandai tetapi ada beberapa yang naik, kita memaklumi kondisi ini karena memang dinamika kasus di provinsi satu dengan yang lain tidak sama," ujarnya.

Sumb: Rep