Home Teknologi Hampir 400 Startup Teknologi dan Inovasi Industri Lokal Ramaikan Pameran I3E 2019

Hampir 400 Startup Teknologi dan Inovasi Industri Lokal Ramaikan Pameran I3E 2019

63
0
SHARE
Hampir 400 Startup Teknologi dan Inovasi Industri Lokal Ramaikan Pameran I3E 2019

Keterangan Gambar : pameran startup teknologi dan inovasi anak negeri 2019.

Detikone.com - Hampir 400 startup teknologi akan meramaikan Pameran Startup Teknologi dan Inovasi Industri Anak Negeri (I3E) yang digelar di Hall B JCC, Senayan,jakarta Selatan, pada 3-6 Oktober tahun ini. Pameran yang dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) ini menjadi arena pertemuan antara investor, inovator, dan investor.

Sejumlah 500 investor juga diundang untuk menghadiri perhelatan ini. Mereka diharapkan dapat melakukan bisnis meeting dengan para startup peserta pameran ini.

Prof Mohammad Nasir PhD, Ak, Menristekdikti, menjelaskan pameran I3E dengan tema "Startup Teknologi dan Inovasi Industri Meningkatkan Daya Saing Bangsa" ini bertujuan mempromosikan produk-produk inovasi teknologi hasil karya anak bangsa kepada masyarakat. Kementerian ingin hasil inovasi dari para inovator benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat, sekaligus menumbuhkan sektor industri, khususnya menjawab tantangan dan peluang di era revolusi industri 4.0.

"Pameran I3E tahun ini diharapkan menjadi sarana promosi efektif sehingga menjadi daya tarik bagi calon konsumen dan tentu saja bagi investor," ujar Menristekdiskti M Nasir dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (10/9).

Untuk lebih memeriahkan event tahunan ini, selain memamerkan hasil-hasil inovasi, pameran I3E tahun ini juga melakukan kegiatan lainnya seperti seminar bisnis dan teknologi, speed dating, talkshow bisnis, bisnis coaching, dan kompetisi ide Teknologi.

Pameran ini merupakan salah satu upaya hilirisasi hasil produk penelitian dan pengembangan (litbang) menuju komersialisasi produk untuk meningkatkan produktivitas industri. Dengan hilirisasi hasil inovasi teknologi menuju komersialisasi, diharapkan lahir produk-produk baru dari para startup teknologi yang dibina oleh Kemenristekdikti ini.

Maka itu, sejak 2015, kementerian telah melaksanakan program penumbuhkembangan wirausaha rintisan berbasis teknologi dan hasil Lembaga Peneltian dan Pengembangan (Lemlitbang) yang dimanfaatkan industri. Di periode lima tahun terakhir ini, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti berhasil melakukan pembinaan dan penumbuhan startup teknologi yang berasal dari Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengembangan, Industri, serta masyarakat umum.

Total ada 1.307 startup teknologi. Rinciannya 749 startup teknologi atau Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), 558 calon startup atau Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), dan 15 inovasi industri. 

Sumb: Merdeka