Home Daerah Disnaker Harap Menjadi TKI Sebagai Pilihan Terakhir

Disnaker Harap Menjadi TKI Sebagai Pilihan Terakhir

64
0
SHARE
Disnaker Harap Menjadi TKI Sebagai Pilihan Terakhir

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pati Tri Haryama (Dok. detikOne.com)

detikOne.com - Jawa Tengah - Saat membuka acara Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Pelatihan Ternak Kambing di Desa Purwosari, Kecamatan Tlogowungu, Senin (22/07). Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pati Tri Haryama menghimbau, agar masyarakat Pati memiliki ketrampilan dahulu sebelum bekerja. Serta tidak hanya berfikir bekerja diluar negeri atau menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Pihaknya juga mengatakan, jangan sampai opsi bekerja diluar negeri menjadi pilihan utama. Kalau bisa masyarakat memiliki ketrampilan terdahulu, setelah memiliki ketrampilan silahkan keluar negeri. "Kami juga siap melayani masyarakat yang ingin bekerja keluar negeri melalui Layanan Terpadu Satu Atap di Disnaker. Pilihlan PJTKI yang bonafit, agar tidak kena tipu," himbaunya.

Tri Haryama menambahkan, saat ini kementrian tenaga kerja bekerjasama dengan dinas tenaga kerja Kabupaten Pati akan mengadakan Job Fair 2019 di BLK Pati pada 24 Juli hingga 27 Juli. Nantinya ada 30 perusahaan yang menyediakan lowongan kerja sebanyak 9.905 untuk berbagai jenjang pendidikan. "Perusahaan yang ikut acara ini diantaranya adalah, Dua Kelinci, Garuda Food, Rumah Sakit KSH, Koperasi dan lainnya. Prioritas utama adalah perusahaan lokal, sisanya berasal dari Kabupaten Kudus, Rembang, Jepara hingga Semarang," ungkapnya.

Dari perusahaan yang ikut pada acara Job Fair 2019, total ada 9.905 lowongan pekerjaan. Pekerjaan yang ada memiliki kriteria dari berbagai disiplin ilmu. Sebelum mengikuti Job Fair 2019, masyarakat bisa mengakses e-bursa kerja yang ada di website Kementrian Tenaga Kerja. "Jadi saat para pencari kerja datang kelokasi pada waktu Jon Fair 2019 berlangsung, tinggal melakukan validasi. Ditambah lagi, tiap pelamar bisa mendaftar dibeberapa perusahaan asalkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki," bebernya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat, sebelum datang ke acara Job Fair 2019 diharapkan melihat klasifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar kerja. "Sehingga saat dilokasi acara, masyarakat tidak perlu mendatangi stand yang ada untuk bertanya terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan yang diinginkan," tandasnya. (MUN)