Home Teknologi Diproduksi di Cikarang, Kandungan Lokal XL7 Capai 85 Persen

Diproduksi di Cikarang, Kandungan Lokal XL7 Capai 85 Persen

26
0
SHARE
Diproduksi di Cikarang, Kandungan Lokal XL7 Capai 85 Persen

Keterangan Gambar :  Suzuki Ertiga dan XL7

Detikone.com -- Suzuki Ertiga dan XL7 diklaim punya 300 komponen berbeda meski kedua mobil ini menggunakan platfrom yang sama yakni heartect.

Direktur Marketing Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda empat Donny Saputra menjelaskan perbedaan meliputi mesin, eksterior, fitur, hingga kaki-kaki.

"Ini model baru [XL7] meski platform sama. Bagian yang berbeda itu sekitar 300 komponen," kata Donny di Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

XL7 masih menggunakan mesin K15B DOHC kapasitas 1.500 cc yang diambil dari Ertiga. Kendati demikian ada perbedaan seting untuk memaksimalkan tenaga yang dibuktuhkan low SUV XL7.

Alhasil dengan perbedaan tersebut Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar XL7 transmisi otomatis 15,78 km per liter, dan Ertiga otomatis 16,43 km per liter.

"Yang saya hafal konsumsi yang otomatis. Lebih boros sedikit, tapi masih tergolong irit," ucap dia.

XL7 ditawarkan dengan tiga varian yakni Alpha, Beta, dan Zeta, serta dua pilihan transmisi otomatis dan manual. Mobil dijual mulai Rp230 juta sampai Rp267 juta.

Varian termahal XL7 lebih murah dari Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander, namun dijual lebih mahal dari Daihatsu Terios.

Produksi lokal dan target

XL7 diproduksi di pabrik Suzuki Indonesia Cikarang, Jawa Barat dengan kandungan lokal mencapai 85 persen. Menurut Donny proses produksi telah dilakukan sejak Desember 2019 dan distribusi ke dealer-dealer Suzuki di seluruh Indonesia dimulai awal 2020.

"Jadi biar bisa cepat diantar ke konsumen. Karena kan dealer kami sudah banyak yang buka pesanan dari awal, tapi jumlah pastinya pesanan itu belum kami rekap ya," ujar Donny.

SIS menargetkan penjualan XL7 mencapai 2.000 unit per bulan. Angka tersebut sesuai dengan hitung-hitungan penjualan Low Sport Utility Vehicle (SUV) secara nasional sekitar 10 ribu unit per bulan.

Selain memenuhi pasar otomotif nasional, XL7 juga akan diekspor ke sejumlah negara seperti Amerika Latin, Asia Tenggara.

"Kami juga akan ekspor mobil ini agar target 12.600 unit ekspor Suzuki tahun ini tercapai. Destinasi negara tujuan ekspor sama dengan Ertiga," tutup Donny.

Sumb: CNN Indonesia