Home Hukum Atasi Masalah Klitih, Sultan HB X Siapkan Pergub Khusus

Atasi Masalah Klitih, Sultan HB X Siapkan Pergub Khusus

73
0
SHARE
Atasi Masalah Klitih, Sultan HB X Siapkan Pergub Khusus

Keterangan Gambar : Gubernur DIY, Sultan HB X

Detikone.com - Fenomena kekerasan jalanan dengan pelaku yang mayoritas masih berusia remaja atau klitih menjadi perhatian serius bagi Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X. Sultan menyatakan telah mempersiapkan Peraturan Gubernur (Pergub) sebagai upaya mengatasi klitih di DIY.

Sultan HB X menjelaskan jika peranan keluarga mempunyai posisi yang penting dalam mengatasi klitih. Sultan HB X menyebut Pergub yang telah disiapkan salah satunya akan menitikberatkan pada peran keluarga dalam mendidik anak.

"Pak Kapolda kan sudah menangani dari aspek hukum. Tetapi belum tentu itu akan menyelesaikan masalah. Kami juga sedang merancang bersama. Untuk itu tadi Ibu (Ketua DPR Puan Maharani) mengatakan untuk (Pokja) Keluarga Tangguh," ujar Sultan HB X, Senin (20/1).

"Dalam Keluarga Tangguh nanti kita melibatkan psikolog, akademisi, di bidang sosial, sosiatri dan sebagainya. Bagaimana kita akan membangun dialog dengan orang tua, yang kebetulan mereka (anaknya) ketangkap. Kondisi anak ini ada pembinaan dan mungkin juga akan terbit Pergub, ya," imbuh Sultan HB X.

Sultan HB X menegaskan lewat pendekatan keluarga nantinya masalah remaja bisa diurai dan ditemukan solusinya. Setelahnya diharapkan remaja bisa terlepas dari.masalah-masalah yang dihadapi.

Sultan merinci nantinya dalam Pergub juga akan diatur pembinaan orang tua kepada anak-anak sebelum berusia dewasa. Hal ini disebabkan banyaknya pelaku klitih yang masih berstatus anak-anak atau di bawah umur.

"Misalnya, kalau orang tua pergi lebih dari tiga hari, kan, ya, anak ini harus dititipkan pada tetangganya, bagi mereka yang belum berusia 18 tahun misalnya. Harapan saya dengan hal-hal seperti itu supaya bisa orang tua ini tetap bisa membangun hubungan dalam keluarga," ungkap Raja Keraton Yogyakarta ini.

Sementara itu Ketua DPR RI, Puan Maharani mengakui masalah klitih menjadi salah satu masalah yang dibahas saat bertemu dengan Sultan HB X. Puan menilai peran keluarga adalah tiang dalam mendidik anak.

"Keluarga itu harus menjadi tiang dalam keluarga. Sehingga anak-anak mendapatkan perhatian dari orang tua dari lingkungannya. Jadi jangan anak-anak dibiarkan sendiri kemudian tidak mendapat perhatian sebagaimana diharapkan," tutur Puan.

Sumb: Merdeka