Home Teknologi 5 Cara Mudah Atasi Laptop yang Lemot

5 Cara Mudah Atasi Laptop yang Lemot

21
0
SHARE
5 Cara Mudah Atasi Laptop yang Lemot

Keterangan Gambar : Ilustrasi menggunakan laptop.  

Detikone.com - Komputer mobile seperti laptop, notebook, dan banyak lagi jenisnya, sudah jadi bagian dari aktivitas sehari-hari kita.

Hal ini lebih awal bagi mereka yang kuliah dan bekerja di bidang kreatif.

Oleh karena itu, kinerja laptop yang melambat akan memengaruhi aktivitas atau pekerjaan yang tengah dilakukan.

Hal ini tentu akan sangat menyebalkan dan bikin kita perlu nyaman. Cepat tenang saja, masalah kinerja laptop yang semakin cepat ini tidak selalu terkait dengan hal teknis.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat laptop atau notebook kamu berjalan lebih cepat dari saat ini. Nah, berikut ini adalah 5 cara mudah mempercepat kinerja desktop yang diterima oleh Fox News.

1. Bersihkan Ikon di Layar

Menaruh banyak aplikasi di desktop juga merupakan salah satu penyebab laptop lemot dalam merespons permintaan dari pengguna. Selain itu, bantu juga untuk aplikasi yang menjalankan laptop sedang dalam aktivitas startup.

Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan, karena ini akan menjadi penyebab laptop lemot. Karena aplikasi ini menjadi bekerja di latar belakang, yang diam-diam memerlukan kapasitas RAM.

2. Hapus Cache dan Cookies

Cache dan cookies adalah file sementara yang dibuat sistem saat kamu mengunjungi situs web. Ada yang bisa Kamu perbaiki file-file ini dengan rutin agar OS bisa berjalan efisien.

3. Bersihkan File yang Menumpuk

Ribuan ribuan dokumen, unduh-dan-foto yang menumpuk di harddisk dapat menjadi salah satu alasan yang membuat kinerja laptop atau notebook melambat.

File sortir apakah foto yang masih digunakan, dan hapus yang sudah tidak diperlukan. Kamu juga bisa membersihkan dengan software khusus untuk memudahkan proses penyortiran.

4. Selalu Perbarui OS

Tidak kalah penting, kamu harus selalu memperbarui perangkat lunak dan firmware laptop secara lengkap.

Jangan biarkan perangkat kamu menjadi rentan, saat ada notifikasi untuk meng-perbarui sistem, instal segera atau paling tidak lakukan segera.

5. Reset atau Atur Ulang Windows di Laptop

Sistem Operasi Windows juga dapat menjadi penyebab laptop menjadi lambat. Hal yang dapat terjadi pada sistem Windows menjadi karena penggunaan sotfware tidak optimal.

Saat ini terjadi, satu-satunya jalan untuk menginstal laptop berjalan seperti biasa dengan melakukan instal ulang atau reset Windows yang Anda gunakan.

Sumb: Merdeka