Home Teladani Sifat Para Waliyullah Melalui Momen Haul ke-17 Sunan Ngerang

Teladani Sifat Para Waliyullah Melalui Momen Haul ke-17 Sunan Ngerang

50
SHARE

detikOne.com – Jawa Tengah – Melalui momentum Haul ke-7 Sunan Ngerang, masyarakat bisa mengambil hikmah bagai mana perjuangan para waliyullah saat menyiarkan agama Islam dizaman dahulu. Sifat para waliyullah perlu diteladani oleh masyarakat diera moderen ini lantaran, kesabaran dan ketekunan mereka dalam berjuang menyiarkan agama Islam meski banyak keterbatasan.

Saat menghadiri Haul Sunan Ngerang di Desa Pekuwon, Kecamatan Juwana Minggu (15/09). Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya mengatakan, momentum Haul Sunan Ngerang Ke-17 tahun ini diharapkan masyarakat dan generasi muda dapat meneladani ajaran Sunan  Ngerang dalam kehidupan sehari-hari.
"Kita berharap yang hadir di sini, untuk dapat menjaga kebersamaan di dalam membangun dan mengamalkan keteladanan yang telah diberikan oleh Sunan Ngerang. Dari kegiatan Haul Sunan Ngerang dapat memberikan energi batin, betapa besar tantangan dan pengorbanan dalam rangka berjuang menegakkan kebenaran," ungkap Bupati.

Apalagi pada masa beliau, lanjut Bupati, hampir semuanya terbatas, namun semuanya itu dapat para leluhur atasi untuk mendapatkan ridho Allah. “Kami berharap, semangat ini hendaknya dapat diwariskan sekaligus sebagai energi batin oleh masyarakat dan jamaah,” ucapnya.

Bupati mengaku haul merupakan sebagai peringatan untuk mengenang jasa-jasa Sunan Ngerang yang telah meninggal dan membacakan doa untuknya. Dirinya berharap generasi muda sebagai penerusnya agar dapat mengamalkan ajarannya untuk mendekatkan kepada Allah SWT.
“Melalui peringatan Haul Sunan Ngerang Ke-17 ini, merupakan sebagai bentuk kecintaan dan penghormatan,” imbaunya.

Secara khusus Bupati mendoakan warga Desa Pekuwon, kecamatan Juwana dan Kabupaten Pati diberikan keberkahan, kesehatan, keselamatan, kemuliaan dan kesejahteraan baik lahir maupun batin oleh Allah SWT.
"Kegiatan Haul Sunan Ngerang ini perlu dipertahankan sebagai upaya untuk meneladani dalam praktik kehidupan dengan selalu berdzikir kepadanya dan menjadikan Allah SWT sebagai tujuan dan sandaran dalam melakukan segala bentuk aktifitas kehidupan, agar dapat dicontoh dan ditiru oleh generasi muda kita," tandasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Camat Juwana, Kapolsek, Danramil dan Anggota DPRD Pati. (HP/MUN)