Suku Dayak di Perbatasan RI-Malaysia Gelar Ritual Khusus Usir Corona

By Asu 23 Mar 2020, 14:47:41 WIB Daerah
Suku Dayak di Perbatasan RI-Malaysia Gelar Ritual Khusus Usir Corona

Keterangan Gambar : Suku dayak gelar ritual usir corona.  


Detikone.com - Suku Dayak Iban dan Melayu di Kecamatan Badau, Kalimantan Barat, perbatasan Indonesia-Malaysia menggelar ritual adat dan doa tolak bala, agar warta tidak tertular Covid-19.

"Masyarakat turun melawan korona, Suku Dayak Iban menggelar ritual dan melayu menggelar doa tolak bala di pintu negara perbatasan," kata Camat Badau Adenan di Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (23/3). Dikutip dari Antara.

Disampaikan Adenan, ritual adat tersebut meminta leluhur dan menyanyikan pencipta agar masyarakat Kapuas Hulu khusus warga negara terhindar dari virus corona.

Baca Lainnya :

    Menurut dia, pelaksanaan ritual adat tersebut dilaksanakan Sabtu (21/3) di kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau.

    "Pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya dan menyetujui distribusi Covid-19 khusus di PLBN Badau bersama tim gabungan dari berbagai pihak yang terkait," jelas Adenan.

    Dikatakannya, saat ini di PLBN Badau tidak diizinkan warga negara Indonesia ke luar negeri, jadi juga sebaliknya warga Malaysia tidak bisa masuk ke Indonesia.

    Selain itu setiap orang yang melintas juga kembali ke Indonesia masuk dalam orang dalam pantauan dan juga di cek suhu tubuh.

    "Disiapkan juga ruang isolasi di PLB Badau, semoga semua bantuan kita mulai dari pemerintah dan masyarakat dapat mencegah penyebaran COVID-19 dan wabah penyakit tersebut segera berakhir," ucap Adenan.

    Ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada, namun jangan panik berlebihan, jaga pola makan dan terapkan hidup sehat. "Sering-sering cuci tangan dan jangan keluar rumah jika tidak perlu penting," pesan Adenan.  

    Sumb: Merdeka




    Write a Facebook Comment

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    View all comments

    Write a comment