Home Internasional Politikus Konservatif Iran Terpilih Jadi Ketua Parlemen

Politikus Konservatif Iran Terpilih Jadi Ketua Parlemen

22
0
SHARE
Politikus Konservatif Iran Terpilih Jadi Ketua Parlemen

Keterangan Gambar : Mohammad Baqer Qalibaf

Detikone.com, ANKARA -- Mohammad Baqer Qalibaf, anggota parlemen konservatif dari ibu kota Teheran, terpilih dengan suara yang cukup telak menjadi ketua baru parlemen Iran, lapor media pemerintah pada Kamis.

Qalibaf, yang memperoleh 230 suara dari total 264 suara, akan menjadi ketua parlemen pada periode baru, menurut kantor berita resmi IRNA.

Dia adalah mantan komandan angkatan udara Pasukan Pengawal Revolusi dan kepala polisi yang juga menjabat sebagai wali kota Teheran.

Sementara itu, kandidat lain, Fereydoon Abbasi, anggota parlemen dari Teheran, dan Mostafa Mirsali, anggota parlemen dari Kazeroon, masing-masing menerima 17 dan 12 suara.

Kubu Konservatif memperoleh kemenangan besar dalam pemilihan parlemen Iran karena angka yang dirilis pada 22 Februari menunjukkan mereka menang 195 dari 253 kursi.

Negara itu mengamati tingkat partisipasi pemilih yang rendah dalam pemilihan setelah Dewan Wali Iran menolak pencalonan beberapa kandidat, terutama politisi reformis-moderat.

Badan pengawas garis keras menyetujui semua kandidat untuk pemilihan, termasuk untuk parlemen.

Pemilihan parlemen di Iran diadakan setiap empat tahun sekali, sementara pemungutan suara untuk ketua parlemen diadakan setiap tahun. Sumb: Rep