Home Daerah Pati Ditawari Investor Pengolahan Sampah

Pati Ditawari Investor Pengolahan Sampah

30
0
SHARE
Pati Ditawari Investor Pengolahan Sampah

Keterangan Gambar : Hikmat, suasana pemaparan PT. Scufindo yg berlangsung diruang Joyokusumo Setda Pati, Kamis (13/02). (Dok. Humas Pemkab Pati)

detikOne.com - Jawa Tengah - Kamis (13/02), Pemerintah Kabupateñ (Pemkab) Pati mendapat kunjungan dari PT. Scufindo yang langsung disambut Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Sekda Pati Suharyono, Kepala DLH, dan Kepala DPUTR Pati. Pada penyambutan yang bertempat diruang Joyokusumo Setda Pati, sebagai investor PT. Scufindo tawaran pengelolaan sampah di Kabupaten Pati. 

Kepala Bagian Layanan Publik Sumber Daya Alam dan Investasi di PT Sucofindo, Ido JH Simatupang saat paparan di hadapan Wabup, mencoba menawarkan pengelolaan sampah secara modern di kabupaten Pati.
"Sucofindo menawarkan pengolahan sampah modern dengan mesin pemilah sampah. Dan untuk biaya-biaya operasionalnya nanti didapat dari hasil pengolahan sampah tersebut," terang Safin.
Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengatakan, selain memberikan kesempatan paparan terkait alternatif pengolahan sampah, Sucofindo  juga dipersilahkan untuk langsung survey ke lokasi.
"Lokasinya biar disurvey dulu baik yang ada di TPA Sukoharjo, Plosojenar dan Sleko. Kalau memang alatnya cocok, kita support. Apalagi kita punya lahan, dan perijinan kita juga siap, dan Pemkab tidak mengeluarkan biaya sedikit pun," jelas Wabup.

Jika memang akan membawa teknologi ke Pati yang bagus, Safin akan menerima. "Tapi kalau Pemkab Pati harus mengeluarkan budget untuk alat pengelolaan sampah ini, kami tidak ada anggaran,

Paling penting, lanjutnya, tenaga kerja yang sudah ada di pengolahan sampah yang sudah ada agar jangan dipangkas.
"Kita terbuka saja, TPA dan TPS mana saja yang mau di-survey Monggo. Dan kalau memang jadi, keuntungan untuk Pemkab Pati,  kita akan beruntung karena sampah ini akan diolah dengan baik dan tidak ada sisa sama sekali atau zero wise, karena mereka nantinya sudah menyiapkan alat untuk pemilah sampah. Intinya ya kita welcome untuk kemajuan Kabupaten Pati," tutur Wabup panjang lebar.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Suharyono menambahkan jika Pemkab punya satu TPA besar dan dua TPS kecil.
"Monggo di survey dulu kalo sekiranya layak dan bisa menguntungkan Kabupaten Pati ya bagus apalagi menambah PAD untuk Kabupaten Pati," pungkasnya. (HP/MUN)