Home Dunia Islam Normal Baru, Menag Sebut Tahap Awal Masjid Dibuka Hanya untuk Salat

Normal Baru, Menag Sebut Tahap Awal Masjid Dibuka Hanya untuk Salat

16
0
SHARE
Normal Baru, Menag Sebut Tahap Awal Masjid Dibuka Hanya untuk Salat

Keterangan Gambar : Masjid

Detikone.com - Pemerintah akan membuka kembali rumah ibadah yang sesuai dengan penerapan tatanan kehidupan normal baru atau baru normal. Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan untuk pertama, masjid hanya akan dibuka untuk salat saja.

"Tahap pertama kami membahas itu hanya untuk ibadah salat saja dan usahakan sesingkat mungkin," ujar Fachrul Razi dalam konferensi video usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Rabu (27/5).

Sementara untuk kegiatan lain seperti ceramah dan kuliah tujuh menit (kultum) di masjid akan melihat kondisi di lapangan. Jika perbaikan, Fachrul perlu mengeluarkan ceramah dan kultum dengan izin camat.

"Masalah edukasi, katakanlah ceramah kultum di rumah ibadah, termasuk soal Covid-19 ada mabuknya," katanya.

"Kalau keadaannya lebih baik, boleh boleh minta camat untuk ada kultum. Tapi harus sesuai," sambung Fachrul.

Pemberian izin pembukaan rumah ibadah sesuai dengan jadwal di tingkat daerah. Misalnya, persetujuan rumah ibadah di desa maka izinnya harus ke camat lokal.

Sementara menghargai rumah ibadah sebagaimana dimaksud di kecamatan maka akan diberikan dari bupati. Begitu pula jika rumah ibadah terletak di kabupaten / kota, harus seizin gubernur.

"Kita harus menunggu dulu, kita harus menunggu angka penularan," ucap Fachrul.

Pembukaan kembali aktivitas di rumah ibadah akan dievaluasi setiap bulan. Jika ditemukan virus corona meningkat, maka tidak ditutup akan ditutup sementara.

"Bisa saja bulan ini disetujui, bulan depan tidak lagi karena penularan meningkat. Atau bulan ini enggak dapat izin, bulan depan dapat setelah penularan meningkat," jelas dia.

Fachrul menuturkan pihaknya akan menyusun aturan tentang revitalisasi rumah ibadah saan baru normal di tengah pandemi virus corona. Nantinya, akan diatur juga protokol kesehatan di rumah ibadah.

"Rencana kami dalam minggu ini sudah akan kami terbitkan mengenai revitalisasi rumah ibadah pada tatanan normal baru," tutupnya.

Sumb: Merdeka