Home Politik Jokowi Siapkan Plt Menteri untuk Puan Maharani dan Yasonna

Jokowi Siapkan Plt Menteri untuk Puan Maharani dan Yasonna

17
0
SHARE
Jokowi Siapkan Plt Menteri untuk Puan Maharani dan Yasonna

Keterangan Gambar : Presiden Joko Widodo.

Detikone.com -- Presiden Joko Widodo bakal mengangkat pelaksana tugas (Plt) menteri yang dilantik sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Pelantikan anggota dewan yang baru itu rencananya dilakukan pada 1 Oktober mendatang.

"Nanti masih ada waktu 20 hari lagi. Kurang lebih sikap Pak Presiden mengangkat Plt untuk beberapa jabatan menteri yang kosong, kan tidak banyak," kata Pratikno di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9).

Pertimbangan lainnya, kata Pratikno, karena ada beberapa menteri yang nanti dilantik sebagai anggota DPR periode 2019-2024.Sejumlah menteri kabinet Jokowi yang lolos sebagai anggota DPR periode 2019-2024 adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly. Keduanya berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Puan terpilih dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah V. Putri Megawati Soekarnoputri itu meraih suara terbanyak dengan 420 ribu suara. Sementara Yasonna maju dari Daerah Pemilihan Sumatera Utara.

Hari ini Jokowi mengangakat Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri sebagai Plt Menteri Pemuda dan Olahraga menggantikan Imam Nahrawi yang mundur setelah ditetapkan tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Jokowi juga telah menandatangani keputusan presiden tentang pemberhentian Imam Nahrawi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

"Jadi Pak Hanif untuk sementara merangkap sebulan ini. Selain sebagai menteri Tenaga Kerja dan juga sebagai Plt Menteri Pemuda dan Olahraga," ujarnya.

Pratikno mengakui salah satu pertimbangan mengangkat Hanif sebagai Plt Menpora karena ia berasal dari PKB. Imam juga merupakan kader partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Oleh karena itu pilihannya tidak banyak, akhirnya Pak Presiden memutuskan Pak Hanif sebagai Plt," katanya.

Sumb: CNN Indonesia