Kesepakatan Tercapai, Fatah tak Permasalahkan Senjata Hamas

By Agus 12 Okt 2017, 20:15:28 WIBInternasional

Kesepakatan Tercapai, Fatah tak Permasalahkan Senjata Hamas

Berita Populer

Berita Terkait

 

Detikone.com, KIARO -- Anggota Fatah Abbas Zaki menyatakan, perlucutan senjata Hamas tidak lagi menjadi pertanyaan Otoritas Palestina dalam perundingan rekonsiliasi yang sedang berlangsung di Kairo, Mesir.

Kendati demikian, bila harus melakukan perlawanan bersenjata, hal tersebut harus dilakukan berdasarkan konsensus nasional. "Kami percaya bahwa senjata dibutuhkan dan perlawanan adalah tugas, tapi kami sedang mencari kesepakatan mengenai perlunya keputusan nasional kolektif sebagai dasar untuk penggunaan senjata-senjata tersebut," kata Zaki, seperti dikutip laman Asharq Al-Awsat, Kamis (12/10).

Ia mengungkapkan, dalam menghadapi Israel, yang mempersenjati para pemukim atau penduduk,Fatah tidak meminta Hamas atau faksi jihad lainnya un tuk menanggalkan senjatanya. "Setiap orang pasti tahu bahwa kita belum memutuskan perjuangan bersenjata, tapi harus berdasarkan konsensus nasional," ujar Zaki.

Mantan kepala Fatah di Kairo Barakat Al-Farra menyatakan hal serupa. Ia menegaskan bahwa perundingan rekonsiliasi yang sedang berlangsung tidak bertujuan untuk melucuti senjata Hamas. "Tapi keputusan perlawanan harus kembali ke Otoritas Palestina, berdasarkan kesepakatan bersama," ucapnya menerangkan.

Terkait rekonsiliasi Hamas dengan Fatah, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, pada Selasa (10/10), menetapkan tiga syarat untuk menghadapi pemerintahan baru Palestina yang akan dibentuk

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pati Periode 2017 - 2022
  Haryanto - Saiful Arifin
  Sudewa - Budiyono

Komentar Terakhir