Dibanding Ahok, Gatot Dinilai Lebih Pas Dampingi Jokowi

By Agus 13 Okt 2017, 19:23:32 WIBPolitik

Dibanding Ahok, Gatot Dinilai Lebih Pas Dampingi Jokowi

Berita Populer

Berita Terkait

 

Detikone.com, JAKARTA -- Panglima TNI Gatot Nurmantyo dinilai berpotensi mendampingi Jokowi di Pilpres 2019. Direktur Eksekutif lembaga survei Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan dari sisi basis massa dan ideologi politik, Jokowi dan Gatot bersifat komplementer.

"Dari sisi kalkulasi baik elite maupun politik aliran, maupun dari sisi massa sebenarnya Gatot paling punya sumbangan secara elektoral jika bergabung dengan Jokowi. Karena komplementer," kata Burhanuddin Muhtadi di Cikini, Jakarta Pusat.

Burhan memaparkan pendukung Gatot Nurmantyo rata-rata masih muda, Islam modernis, dan cukup kuat basisnya di Sumatera-Jawa Barat. Kebetulan, Jokowi lemah di Sumatera. Basis massa Jokowi relatif berbeda dengan basis massa yang memilih Gatot Nurmantyo. Ada banyak irisan yang membuat kedua sosok ini bisa menjadi pasangan yang saling melengkapi.

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan, di antara tiga nama tokoh, Gatot Nurmantyo (25 persen) dan Sri Mulyani (24 persen) lebih diunggulkan sebagai tokoh yang paling pantas mendampingi Jokowi di Pilpres 2019. Elektabilitas Ahok juga masih cukup tinggi, tapi angkanya relatif tak bertambah.

"Makanya itu menjelaskan mengapa Gatot sejauh ini ya masih aman-aman saja meskipun banyak komentarnya yang oleh elite pendukung Jokowi dianggap offside. Tapi dia masih aman-aman saja. Mungkin Jokowi merasa Gatot bisa menjadi pelengkap di 2019 nanti," kata Burhan.

Tidak menutup kemungkinan, Gatot Nurmantyo juga dapat

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pati Periode 2017 - 2022
  Haryanto - Saiful Arifin
  Sudewa - Budiyono

Komentar Terakhir