Deklarasi Merdeka Batal, Puigdemont Melunak pada Spanyol

By Agus 11 Okt 2017, 22:58:37 WIBInternasional

Deklarasi Merdeka Batal, Puigdemont Melunak pada Spanyol

Berita Populer

Berita Terkait

 

Detikone.com, BARCELONA -- Sikap melunak dituunjukkan pemimpin Katalan Carles Puigdemont. Bukannya menyatakan kemerdekaan Katalan, Puigdemont malah menyerukan agar dilakukan pembicaraan dengan Madrid mengenai masa depan kawasan tersebut. Tujuannya, untuk  mengurangi kekhawatiran akan terjadinya kerusuhan di jantung zona Eropa itu.

Dalam pidato di parlemen Katalan hari ini yang dikelilingi ribuan pengunjuk rasa dan ratusan polisi bersenjata, Pemimpin Katalan Carles Puigdemont hanya membuat sebuah deklarasi simbolis. Ia hanya mengklaim sebuah mandat untuk memulai pemisahan diri dari Spanyol namun menangguhkan langkah-langkah formal untuk mencapai tujuan tersebut. 

Ucapannya mengecewakan banyak pendukungnya yang telah berkumpul di luar. Para pendukungnya banyak yang mengibarkan bendera Katalan dengan harapan bisa mewujudkan gerakan kemerdekaan jadi kenyataan.

Namun pidato Puigdemont tersebut memuaskan pasar keuangan, mendorong euro pada harapan terjadinya deeskalasi krisis politik terburuk Spanyol sejak sebuah usaha kudeta militer pada 1981. Ketegangan telah meningkat di Katalunya sejak berlangsungnya referendum kemerdekaan pada 1 Oktober yang dianggap tidak masuk akal oleh Madrid. 

Meskipun ada tindakan keras dari polisi, pejabat Katalan mengatakan, hasilnya referendum suara "ya" yang luar biasa. Namun, bukannya memindahkan sebuah gerakan kemerdekaan di parlemen regional, Puigdemont dan politisi daerah lainnya hanya menandatangani sebuah pengumuman kedaulatan penuh bagi Katalunya. 

"Saya kecewa. Saya berharap u

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pati Periode 2017 - 2022
  Haryanto - Saiful Arifin
  Sudewa - Budiyono

Komentar Terakhir