Damai Hamas-Fatah untuk Kemerdekaan Palestina

By Agus 13 Okt 2017, 21:24:50 WIBInternasional

Damai Hamas-Fatah untuk Kemerdekaan Palestina

Berita Populer

Berita Terkait

 

Detikone.com, JAKARTA -- Perundingan damai antara Hamas dan Fatah mendapat respons positif. Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menyambut positif rekonsiliasi Hamas dan Fatah, dua faksi Palestina yang selama ini berseberangan. 

Hamas dan Fatah sudah menandatangani kesepakatan rekonsiliasi di Kairo, Mesir, pada Kamis (12/10).

"Apapun yang terbaik untuk Palestina pasti kita dukung. Kita serius seribu persen ingin melihat kemerdekaan dan perdamaian di Palestina," tutur Kharis dalam siaran pers yang diterima, Jumat (13/10).

Kharis mengatakan, poin-poin kesepakatan diharapkan berdampak signifikan untuk menyatukan tidak hanya antara dua faksi saja, tetapi seluruh faksi di Palestina. Dengan demikian akan terwujud Palestina yang merdeka dan berdaulat dapat diwujudkan.

Dalam waktu dekat, menurut Kharis, yang paling mendesak adalah dibukanya isolasi terhadap Gaza yang selama ini menghadapi masalah kemanusiaan serius. Pintu perbatasan Rafah harus segera dibuka sehingga bantuan kemanusiaan dapat disalurkan.

"Demikian juga proses rekonstruksi fisik, ekonomi dan sosial di Gaza yang hancur pasca bombardir Israel dapat dilakukan dengan segera," kata dia.

Kharis menambahkan, kontrol perbatasan Rafah harus dilaksanakan dengan serius. Keseriusan Mesir, sebagai tetangga terdekat dan yang juga mengontrol perbatasaan Rafah, harus ditekankan. Selain itu, peran diplomasi dan kemanusiaan negara-negara lain, termasuk Indonesia, harus ditingkatkan dan jangan berhenti.

&qu

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pati Periode 2017 - 2022
  Haryanto - Saiful Arifin
  Sudewa - Budiyono

Komentar Terakhir