Perangi Propaganda Radikalisme Dengan Konten Damai di Dunia Maya

By Agus 10 Agu 2017, 20:18:09 WIBTeknologi

 Perangi Propaganda Radikalisme Dengan Konten Damai di Dunia Maya

Berita Populer

Berita Terkait

 

Detikone.com - Konten-konten damai dunia maya yang aspiratif, kreatif, dan inovatif diharapkan dapat menjadi penangkal masifnya propaganda kelompok radikal. Terlebih kelompok-kelompok ini kerap memanfaatkan dunia maya untuk merekrut anggota.

Salah cara memeranginya dengan membuat pelatihan duta damai dunia maya 2017 di beberapa daerah. Di wilayah Sumatera Barat (Sumbar), misalnya diikuti 60 peserta. Dihasilkan lima website damai yaitu www.bagonjong.dutadamai.id, www.marawa.dutadamai.id, www.konco.dutadamai.id, www.paganagari.dutadamai.id, dan www.galamai.dutadamai.id.

"Ini sangat bagus dan harus diviralkan sebagai bagian kontra narasi kita dalam memerangi propaganda radikalisme dan terorisme di dunia maya," ujar Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Hamli dalam keterangannya, Kamis (10/8).

Dengan potensi itu, Hamli meminta para duta damai terus berkreasi dan tidak berhenti setelah pelatihan ini. "Komitmen ini harus terus dipelihara dan ditingkatkan dengan membuat konten yang lebih banyak lagi, baik itu berupa tulisan, gambar, video, meme, dan lain-lain," imbuh Hamli.

Ia melanjutkan bahwa tugas duta damai ini sangat mulia. Dari hasil penelitian dari lembaga-lembaga berkompeten seperti Inzet dan UI, didapat data bahwa penyebab orang melakukan terorisme 45,5 persen karena pemahaman keliru yang menja

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pati Periode 2017 - 2022
  Haryanto - Saiful Arifin
  Sudewa - Budiyono

Komentar Terakhir