Ini Hasil Uji Laboratorium BPOM Terkait Tablet PCC

By Agus 18 Sep 2017, 22:05:03 WIBKesehatan

 Ini Hasil Uji Laboratorium BPOM Terkait Tablet PCC

Berita Populer

Berita Terkait

 

Detikone.com, JAKARTA -- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkap hasil uji laboratorium tablet paracetamol caffeine carisoprodol (PCC), yang banyak menimbulkan korban di Kendari, Sulawesi Tenggara. Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, bahwa tablet PCC yang dikonsumsi korban di Kendari adalah produk ilegal yang tidak permah terdaftar di BPOM sebagai obat.

"Hal ini berarti tablet tersebut tidak boleh dikonsumsi oleh siapapun," ujarnya saat konferensi perspenyalahgunaan tabletparacetamol caffeine carisoprodol (PCC),di Jakarta, Senin (18/9).

Berdasarkan hasil uji laboratorium BPOM, ia menyebut terdapat dua jenis tablet PCC yang berbeda kandungannya yang dikonsumsi korban. Pertama mengandung paracetamol, carisoprodol, dan cafein.Sementara kedua mengandung PCC dan tramadol. 

Paracetamol, kata dia, sebagai sediaan tunggal maupun kombinasi bersama kafein saat ini masih diperbolehkan untuk anti analgesik dan penggunaan terapi. Sementara carisoprodol merupakan bahan baku obat yang memberi efek relaksasi otot dengan efek samping sedatif dan euforia.

Pada dosis yang lebih tinggi dari dosis terapi dapat menyebabkan kejang dan halusinasi serta efek lain yang membahayakan kesehatan hingga kematian. Ia mengakui, sebelumnya produk dengancarisoprodol resmi beredar di Indonesia namun produk tersebut banyak disalahgunakan.
 
Karena itu, sejak 2013, semua obat yang mengandung carisoprodolyaitu&n

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pati Periode 2017 - 2022
  Haryanto - Saiful Arifin
  Sudewa - Budiyono

Komentar Terakhir