Gerhana Bulan Terlihat di Aceh

By Agus 08 Agu 2017, 22:14:14 WIBTeknologi

 Gerhana Bulan Terlihat di Aceh

Berita Populer

Berita Terkait

 

Detikone.com, BANDA ACEH -- Gerhana bulan parsial atau sebagian, terlihat muncul di Aceh karena didukung cerahnya cuaca pada Senin (7/8) tengah malam, hingga Selasa (8/8) dini hari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh memantau peristiwa alam tersebut di Aceh Besar, mengaku, gambaran penampakan bulan saat puncak gerhana terekam dengan jelas.

"Tepat jam 03.00 WIB dini hari tadi, bayangan bumi di permukaan bulan sudah tidak tampak lagi," ucap Pelaksana tugas Kepala Stasiun Geofisika BMKG Mata Ie, Rilza Nur Akbar, Selasa (8/8)

Dia mengatakan, waktu tersebut merupakan gerhana bulan sebagian yang dapat di lihat dengan mata telanjang, telah berakhir untuk wilayah Aceh dan sekitarnya. Gerhana bulan parsial tersebut baru berakhir total pada Selasa (8/8) tepat pukul 03.52 WIB, atau sesuai dengan perkiraan BMKG sebelumnya yaitu terjadi mulai Senin (7/8) jam 22.48 WIB.

Peristiwa alam ini terpantau di Aceh dengan memiliki durasi selama satu jam 56,6 menit, atau seseuai perkiraan sebelumnya dari pukul 00.22 WIB sampai 2.18 WIB. "Momen ini, merupakan peristiwa langka dalam setahun. Jadi kita mengamati dengan sebaik mungkin, sebelum terjadi waktu gerhana mulai jam 22.48 WIB," kata Akbar.

Dalam keterangan sebelum terjadi gerhana bulan BMKG menerangkan, ini merupakan peristiwa alam berupa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi, sehingga tidak sampai semuanya ke bulan. Gerhana bulan terjadi akibat dari dinamisnya pergerakan dari posisi matahari, bumi,

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pati Periode 2017 - 2022
  Haryanto - Saiful Arifin
  Sudewa - Budiyono

Komentar Terakhir