Jamasan Kiat untuk Lestarikan Benda Bersejarah

By Agus 12 Okt 2017, 19:51:11 WIBSeni & Budaya

  Jamasan Kiat untuk Lestarikan Benda Bersejarah

Berita Populer

Berita Terkait

 

Detikone.com, UNGARAN -- Pemerintah terus melakukan berbagai cara untuk melestarikan benda-benda pusaka, yang sarat nilai sejarah. Tujuannya agar benda-benda bersejarah ini selamat dari kepunahan. Apalagi material benda-benda pusaka ini --umumnya-- sudah semakin uzur dan rentan mengalami kerusakan akibat 'dimakan' umur.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang pun menerapkan berbagai kegatanya dalam memperlakukan benda- benda pusaka yang memiliki kaitan erat dengan sejarah daerahnya. Salah satunya dengan menjamas atau mencuci serta membersihkan seluruh benda pusaka (berbagai jenis tosan aji) milik Pemkab Semarang agar tidak mengalami kerusakan, akibat proses kimiawi yang terjadi pada logam.

Selain melibatkan juru jamas, prosesi ini juga dilakukan secara gotong royong melibatkan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), Lurah serta masyarakat pemerhati cagar budaya di Ungaran.

Juru kunci pusaka Pemkab Semarang, M Edi Sukarno mengagakan, benda pusaka yang dijamas initerdiri atastiga mata tombak dan tiga keris. Secara harfiah, jelasnya jamasan ini adalah membersihkan dan mencuci pusaka dengan berbagai bahan cairan yang dapat mengurangi kerusakan pada unsur logamnya.

"Sebab benda- benda bersejarah ini umumnya terbuat dari material logam yang sudah dimakan usia," ungkapnya, di pendopo rumah dinas Bupati Semarang, Kamis (12/10).

Prosesi ini mengambil hari terakhir bulan Muharam (Suro). Selain untuk

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pati Periode 2017 - 2022
  Haryanto - Saiful Arifin
  Sudewa - Budiyono

Komentar Terakhir