600view

Kali Pertama ICA BPC Pakudjembara Gelar Jfest dan Hadirkan Sisca Soewitomo

detikOne.com - Jawa Tengah - Indonesian Chef Association (ICA) Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang dan Blora (Pakudjembara) gelar Jepara Festival (Jfest) yang resmi dibuka di Alun-alun Jepara, Jumat (01/11). Acara yang terselenggara atas kerja sama ICA Pakudjembara dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara ini juga menghadirkan chef legendaris Sisca Soewitomo yang juga dimeriahkan dengan pembuatan 470 mangkok pindang serani, serta berakhir pada Minggu (03/11).

Ketua ICA Pakudjembara Mohamad Rozikin atau akrab dipanggil Chef Novi emngatakan, event Jfest ini akan berkelanjutan, tetapi tempatnya tidak di Jepara melainkan diwilayah Pakudjembara. Konsep acara ini bertujuan untuk mengangkat kuliner khas daera Jepara.
"Acara ini dimulai dengan pembagian makanan gratis dan masakan tradisional, pada Jumat (01/11). Hari ini kita biki 470 mangkok untuk pindang serani yang merupakan masakan khas Jepara," ungkapnya kepada detikOne.com, Sabtu (02/11) dilokasi Jfest.

Selain menghadirkan chef legendaris lanjut Chef Novi, pada acara tersebut juga ada cooking with kids anak usia Sekolah Dasar (SD) sebanyak 200 orang. Pada acara ini juga melibatkan hampir semua chef di Jepara yang dibantu ICA Pakudjembara dari Kudus, Pati, Pekalongan dan Badan Pengurus Daerah (BPD tingkat provinsi) ICA.
"Acara penutupan dilaksanakan pada Minggu (03/11) dan dimeriahkan dengan ice carving atau seni memahat es menggunakan media es," jelasnya.

Meski ini acara kali pertama untuk area Pakudjembara, harapannya menjadi tolak ukur untuk event berikutnya di kabupaten lain.

ICA di Jepara Baru Terbentuk 2018

ICA di Jepara baru terbentuk pada 2018. Acara kali ini, juga didukung penuh oleh Pemkab Jepara sekaligus kampanye masak gemar makan ikan untuk anak. Selain itu untuk olahan pangan lokal di Kabupaten Jepara, saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang mulai membuatnya. Bahkan dari chef juga telah siap untuk launching menu tradisional yang ada di Jepara.
"Kami berharap, dari ICA Pakudjembara karena areanya luas. Wilayah Pakudjembara bisa membuat hal serupa, sehingga kuliner khas Kudus, Pati, Rembang, Blora dan sekitarnya bisa terangkat melalui ICA," terangnya.

Pihaknya juga berharap Pemkab di Pakudjembara, bisa dukung dan bersinergi serta kerjasama dengan ICAuntuk mengadakan event serupa. Tahun berikutnya, diharapkan ada Jfest lain yang berlangsung di Kudus, Pati dan lainnya dengan nama yang berbeda.
"Saat ini kami belum tahu wilayah yang akan menyelenggarakan acara serupa ditahun berikutnya," tandasnya. (MUN)


  • 1. detikOne.com

    detikOne.com


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook